Cara Tepat Memainkan gitar untuk pemula

Cara memainkan gitar untuk pemula harus dilakukan langkah demi langkah yang efektif. Hal yang mendasari seorang pemula bisa memainkan gitar dengan benar adalah teknik picking dan chord (kunci gitar). Pelajarilah dua hal tersebut agar cara memaiknkan gitar dapat lebih baik lagi dan lancar.

Menurut pengalaman saya sendiri bermain gitar diawal bisa dikatakan sangat sulit. bagaimana kita tahu teknik picking yang benar dan juga jenis kunci gitar yang benar untuk setiap nadanya. Semua butuh proses untuk mengetahuinya. Banyak mungkin tutorial tutorial yang dapat kita jadikan referensi dalam memainkan gitar.mulai dari buku panduan belajar gitar, video dari youtube ataupun juga dari e book yang beredar di internet. kita harus mempelajarinya satu persatu lebih dalam.

Cara memainkan gitar yang baik adalah menguasai dua teknik ini :


  1. Teknik picking dalam bermain gitar

Teknik picking sendiri adalah sebuah teknik memetik sebuah senar atau tali gitar hingga menghasilkan suara yang akan kita harapkan. Suara tersebut akan keluar lebih nyaring dan renyah jika kita berhasil menguasai teknik ini dengan benar.

Apa saja yang harus dipelajari dalam teknik piking untuk memainkan gitar?
1.1 kuasai jenis pick yang kamu pakai.
bisa dipelajari disini :
Bagaimana cara memegang pick yang benar saat belajar gitar?

1.2 latihan picking up dan picking down.
Latihan ini berupa memetik gitar ke atas dan kebawah, makdsung berlatih memetik yang benar . atas atas atau bawah bawah.

lihat gambar:

Gambar dibawah ini menunjukkan teknik picking gitar keatas dan kebawah dalam bermain gitar. Teknik dasar belajar gitar ini sering disebut picking up dan picking down.

belajar gitar - teknik memetik gitar
belajarrr gitar - teknik picking up down

belajar gitar - teknik picking up down lebih detil
belajarrr gitar - teknik picking up down lebih detil
Sobat juga bisa berlatih memetik gitar akustik dengan teknik seperti gambar dibawah ini :
Teknik petikan gitar biasa hanya digunaka untuk gitar akustik saja sementara gitar elektrik tidak banyak menggunakan teknik ini.

 Teknik memetik gitar tanpa menggunakan pick :
petikan gitar tanpa pick
belajar gitarrr - petikan tanpa pick gitar


Nah kamu harus sering berlatih teknik ini sesering mungkin , gunakan jenis pick gitar yang membuat kamu nyaman bermain gitar. Bila perlu mulai lah meningkatkan tempo satu persatu sehingga petikan atau picking kamu menjadi lebih baik

       2. Menguasai jenis chord 

Chord atau yang sering kita sebut kunci gitar adalah suatu hal yang sangat dasar dalam kita mulai mempelajari bermain gitar yang benar. Mengenali kunci gitar sangat lah mudah , saya akan memberi kunci dasar yang harus dikuasai oleh pemula dalam belajar bermain gitar.

lihat gambar:

belajar gitarrr - kunci dasar gitar
belajar gitarrr - kunci dasar gitar

Pelajarilah kunci gitar tersebut, gabungkan teknik picking dan kunci gitar yang akan dipakai. Untuk pemula saya yakin akan sangat sulit akan tetapi kalau kita sering berlatih pasti akan lebih baik kedepannya. Ulangi dan ulangi lagi irama petikan yang dipelajari mulai dari tempo yang lambat kemudian sedang dan lama kelamaan sobat bisa memainkan gitar dengan tempo yang cepat baik gitar akustik ataupun gitar elektrik.

Selamat berlatih bermain gitar ya sobat :)






0 komentar:

Posting Komentar

Komentar di Belajar gitarrr