Mau bermain gitar harus kenalin dulu bagian dari bagian gitar

Seorang pemain gitar yang baik pasti mengenal dengan baik susunan dan bagian dari gitar tersebut. Setiap satuan dari bagian gitar mempunyai fungsi dan keunggulan masing masing. Kita harus mengerti dan memahami bentuk dan karkateristik bagian bagian gitar agar kita semakin mahir bermain gitar.

Saya inget dulu pertama kali waktu saya dibeliin gitar sama ibu saya rasanya senang luar biasa sekali. Bentuknya gak pikir pikir pokoknya punya gitar bisa buat belajar. Nah kalian sebagai pemula dalam mencoba bermain gitar ini juga harus sebenernya yang paling penting punya gitar dulu. Beranjak dari situ kalian akan memahami setelan dan jenis yang baik untuk kalian mainkan. Sesuain bidget juga sih ,hihihihihi.

Di artikel ini saya akan memberikan pembahasan tentang bagian bagian gitar akustik

1. Bagian Gitar Akustik


Lihat dulu penampakan gitar akustik seperti ini ya :
belajar gitarrr - begian gitar akustik
belajar gitarrr - bagian gitar akustik
Nah kalau sudah lihat gambar diatas saya akan membantu sedikit penjelasannya :
Pada dasarnya kalau menurut saya gitar secara umum dibagi 3 bagian yaitu Head - Neck - Body atau kalau di indonesiakan Kepala-leher-tabung/tubuh.

1. Head

Dibagian kepala ada 2 komponen yaitu head stok dan tuning.
head: berfungsi sebagai penahan dimana tuning dapat di fungsikan dengan baik. 
Tuning: berfungsi untuk mengetatkan atau melonggarkan senar gitar hingga saat memainkan gitar mengeluarkan bunyi yang kita harapkan.

2. Neck / Leher

Pada bagian leher akan terdapat nut, finger board dan fret. Mari saya jelaskan :
nut : adalah garis batas leher dengan kepala, garis tersbut diberi grid.
finger board: papan keseluruhan dari neck yang menghubungkan head dan body
fret: kolom dalam tiap neck tiap gitar jumlahnya bisa berbeda sesuai karakter yang akan dimainkan

3. Body / Tabung gitar

Sound hole : lubang yg terdapat dalam body, penghasil suara.
pick guard: penahan untuk memetik, agar tangan lebig mudah bersandar
bridge: tempat enar disematkan diujung body.
saya rasa itu yang paling penting dikeahui dari body selebihnya hanya asesoris semata.

Nah, jelas sudah penjelasan tentang bagian - bagian dari gitar akustik, selanjutnya saya akan membagi artikel-artikel lain buat sobat belajar gitarrr.

Belajar gitarrr akan mencoba memberikan kalian artikel artikel menarik dan bermanfaat. Silahkan tinggalkan koment ya untuk kritik dan sarannya.




  



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar di Belajar gitarrr